someone like you

10 Feb 2012

kura-kura unyuu


kura-kura adalah salah satu reptilia dengan keanekaragaman jenis yang cukup banyak. Mereka adalah hewan dari masa mesozoikum dan berhasil bertahan hingga sekarang ini tanpa mengalami banyak perubahan fisik. Cangkangnya yang keras merupakan suatu adaptasi untuk melindungi diri dari predator yang benar-benar membantu keberhasilan jangka panjang tersebut. Unyu banget gitu kalo liat kura-kura lagi berenang. Sebenernya udah lama pengen memelihara si Turtle unyu ini, tapi karena satu hal dan lainnya niat itu belum kesampaian sampai sekarang TT.TT huuuu so sad. oke..sebelum punya kura-kura beneran gue berusaha cari-cari info tentang kura-kura dulu dengan browsing. Biar bisa ngerti sengerti-ngertinya tentang turtle dan jangan sampai turtle yang unyu itu mati sia-sia.
Ternyata secara garis besar kura-kura itu ada yang bersifat full-aquatic seperti kura-kura leher panjang, bulus, dan kura-kura moncong babi. Ada juga yang bersifat semi-aquatic seperti kura-kura brazil, kura-kura ambon, dan kura-kura daun. Pengetahuan ini penting agar kita bisa memberikan settingan akuarium yang pas dengan kebutuhan kura-kura yang kita pelihara. Over all dari semua artikel yang berhasil gue baca hari ini intinya kura-kura itu butuh ruang yang cukup untuk bergerak. Di akuarium atau media apapun, untuk memeliharanya pastikan dia leluasa berenang mondar-mandir, naik-turun, dan sediakan tempat dimana mereka bisa keluar dari air untuk berjemur seperti batu atau batang kayu. Lebih bagus sih di pelihara outdoor tapi kita juga bisa menambahkan lampu diatas tempat kura-kura berjemur jika dipelihara indoor. Harusnya pilih akuarium yang panjang daripada yang dalam, karena kura-kura akan lebih sulit bernafas di akuarium yang dalam,kasian kan :)
Selain media, yang harus diperhatikan juga sebelum memelihara kura-kura adalah jenis makanannya. Umumnya kura-kura memakan sayuran dan beberapa tumbuhan air, tapi sebenarnya mereka adalah omnivora. Memang ada yang lebih ke herbivora dan ada yang lebih ke karnivora sesuai dengan speciesnya masing-masing. Namun kebanyakan selain sayuran mereka juga memakan ikan kecil, udang, dan berbagai serangga serta heran invertebrata air lainnya. Jangan salah kaprah dengan hanya memberikan sayuran saja atau pelet saja sebagai pakan kura-kura, karena kemungkinan besar nutrisi mereka tidak akan terpenuhi. Cobalah untuk menyediakan pakan yang bervariasi dengan porsi yang seimbang. Di alam kura-kura memakan hewan lain secara utuh, jadi jangan berikan dagingnya saja karena kalsium dari tulang-tulang hewan yang dia mangsa sangat dibutuhkan, terutama untuk pertumbuhan tempurungnya. Selain itu, jangan lupa untuk menyikat tempurung sang turtle jika sudah mulai terlihat berlumut. Jangan pernah gunakan sabun ya...don't!!!!don't even try soap. itu cuma akan merusak tempurungnya si turtle. Pelihara dan sayangi turtle ya, jangan bertindak seenaknya karena mereka binatang. believe deh, mereka juga bisa ngebales rasa sayang kalian :)

2 komentar:

  1. kura2x bgs tu..jenis ap y? harganya brp... hehehe salam sesama pnyuka kura2

    BalasHapus
  2. semua bagus.menurut info yang paling gampang pemeliharaannya itu kura-kura brasil. kisaran harga si bervariasi mulai puluhan ribu sampai jutaan :)

    BalasHapus