someone like you

20 Agu 2011

Malu

Kadang kita merasa malu. Biasanya perasaan ini muncul ketika ada suatu hal atau perbuatan kita yang tidak ingin diketahui oleh orang lain tapi kita tahu bahwa ada orang lain yang mengetahui sesuatu atau tindakan kita itu. Apakah ini definisi malu yang di maksud oleh islam?
Malu dalam islam adalah akhlak mulia yang mencegah seseorang dari perbuatan yang haram dan mungkar. Nabi Rasulullah Saw. bersabda "Malu itu sebagian dari iman."
Tapi sekarang ini kita dihadapkan pada suatu paradigma dimana kita sering keliru dalam menempatkan kata malu. Enggak datang ke acara ulang tahun teman kita merasa malu. Enggak ikutan jalan bareng mereka kita merasa malu. Enggak pake barang-barang yang mereka pake kita merasa malu. Tapi justru Melalaikan kewajiban yang sudah diamanatkan kita enggak merasa malu. Mengkhianati janji dan tanggungjawab enggak merasa malu. kita yang keliru meletakkan rasa malu atau memang rasa malu itu sudah hilang samasekali dari diri kita? Semoga saja yang terjadi saat ini adalah bukan hilangnya rasa malu, tapi acuhnya kita dengan perasaan hati dan pikiran kita. Untuk itu mulai saat ini mari kita jujur pada diri kita sendiri dengan memperbanyak renungan dan mendengarkan kata hati. Semoga kita termasuk hambanya yang senantiasa ingin berubah menjadi lebih baik lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar