someone like you

4 Apr 2011

Kata Hati

"Mengikuti semua kata hati."
Apa ya maksudnya? Saya memang tidak mengerti dengan apa yang pak Beni bilang beberapa saat yang lalu. Saya terbiasa melakukan semua yang saya inginkan. Itukah yang dimaksud dengan mengikuti semua kata hati.

Ketika kita dihadapi dengan keadaan yang tidak mengenakkan, apalagi diantara pilihan-pilihan yang tentunya tidak mudah untuk diputuskan, orang biasanya bilang: “coba ikuti kata hati anda”. Sebagai manusia biasa, saya pun pernah dihampiri hal seperti ini, anyway it comes, and anykind. Ada sesuatu yang datang ke dalam pikiran saya, apakah dengan mengikuti kata hati akan selalu mengarahkan kita terhadap suatu keputusan yang tepat, yang tentunya akan membawa  kebaikan untuk kita?
Begini contohnya suatu kali mungkin anda pernah menyukai seseorang. Dalam hati anda anda mengakui bahwa memang dia adalah orang yang anda sukai. Tetapi karena suatu alasan, entah itu masalah sifat dia, orang-orang yang dekat dengan anda, atau masalah A, B, C, D, DLL Rasa suka anda kepada dia itu seolah terhalang. Bisakah kita selalu mengikuti kata hati dalam situasi ini? Maksud saya kata hati yang mana yang anda ikuti? "Menyukai dia dengan kata tapi A, B, C, D" Atau "memang dia itu A, B, C, D, tapi saya menyukai dia?"

Jujur saya sering tertipu dengan kata hati. Bahkan mungkin saya tidak mengerti apa itu kata hati? Siapa yang berbicara dalam hati saya. Saya menanyakan hal ini kepada pak Beny. Dia cuma tersenyum tanpa menjawab pertanyaan saya. Saya pun bingung, harus percaya kata hati saya atau tidak. Masalah datang dengan segala macam bentuk dan rupa, untuk sekarang saya berusaha untuk tidak percaya kata hati dengan segala keraguan akan ketelitiannya. Dan hari ini saya cukup mempertimbangkan kembali apa yang saya yakini ini sampai seorang sahabat baik mengatakan bahwa tidak ada salahnya untuk mengikuti kata hati kita,  setidaknya membuat kita termotivasi untuk bertanggung jawab dalam menjalani apa yang dipilih oleh kata hati.

Yang saya garisbawahi dari obrolan saya tadi adalah, "banyak orang yang mengabaikan kata hatinya di dunia ini. Bahkan seorang pembohong pun melakukan hal yang sama."
Benar... Kita bisa berbohong atau diam di depan semua orang. Tapi kita tidak bisa berbohong atau diam pada hati kita sendiri. Bohong pada diri sendiri itu saya beritahu terus terang, rasanya sakit. Jadi jangan terlalu sakit hati jika anda di bohongi seseorang, Tapi kasihanilah dia yang membohongi anda. Karena orang tersebut telah mangkir dari kata hatinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar